Menyiapkan Content Planning Website


Satu elemen penting yang tidak bisa dipisahkan, karena merupakan alat komunikasi pemilik website dengan pengguna ataupun Customer. Aku sering mengatakan bahwa website yang baik adalah, website yang mampu membuat seseorang tertarik untuk ikut terlibat didalamnya atau membeli produk yang ada di website kita. Sebaiknya anda mengenali seperti apa desain yang diinginkan.

Baca juga:

Tips ini bukan untuk Web Developer apalagi untuk menggurui, namun lebih untuk berbagi kepada para pengguna website yang ingin menyiapkan dalam pembuatan websitenya menjadi lebih terarah, sesuai target, dan mengajak calon costumer atau costumer berinteraksi lebih di website yang akan dibuat tersebut terutama dalam kategori bisnis.

Apakah itu Content Planning?

Content berarti isi dan Planning sama dengan perencanaan. Tentunya bagi orang biasa pun akan paham arti dari kalimat tersebut, apalagi bagi orang yang mempunyai pengetahuan bahasa inggris yang bagus. Namun masih juga banyak pengguna yang tidak mengetahuinya.

Dalam membuat website, anda memerlukan alur kerja yang jelas. Alur yang yang secara prinsip bisa mempengaruhi kinerja dari website ini, terutama bila anda menggunakannya sebagai alat informasi, alat bisnis dan sejenisnya.

Langkah dasar adalah Membuat Alur Kerja (Workflow) bagi website tersebut.

  1. Siapakah yang akan menggunakan website ini?

Ini digunakan untuk mengetahui apakah website anda akan menyediakan area member, multiple administrator, atau bahkan interaktif dari setiap member. Siapa pula yang akan dijadikan sasaran dalam website tersebut.

  1. Sitemap / Peta situs

Dengan membuat scratch peta situs, akan memudahkan bagi kita untuk mendesain atau mengaransir bagaimana bentuk serta koneksi dari setiap halaman yang dibutuhkan dalam pembuatan. Denah situs ini sangat berguna, bahkan menjadi dasar yang tidak bisa dihilangkan. Ketahui dan kenali benar isi dari setiap halaman yang akan ditampilkan.

Sitemap website.

  1. Fitur

Biasanya fitur akan muncul dengan sendirinya bila kita sudah berhasil membuat workflow awal dari sasaran pengguna dan sitemap, namun tidak tertutup kemungkinan akan banyak fitur yang bisa dimunculkan untuk disesuaikan dengan [kemungkinan] kebutuhan yang akan datang. Disini diperlukan kita tahu framework dari pemrograman website tersebut.

  1. Desain Web

Satu elemen penting yang sulit untuk bisa dipisahkan, karena merupakan alat komunikasi pemilik website dengan pengguna ataupun Customer. Aku sering mengatakan bahwa website yang baik adalah, website yang mampu membuat seseorang tertarik untuk ikut terlibat didalamnya atau membeli produk yang ada di website kita. Sebaiknya anda mengenali seperti apa desain yang diinginkan.

Melihat dari ke-empat point tersebut diatas, tentunya sebagian besar orang yang akan membuat website tentu bisa dengan mudah mengerti apa yang harus dilakukan sebelum membuat website tersebut. Empat point tersebut mungkin bisa saja dihilangi salah satu, namun bukan tidak mungkin suatu saat kita akan kesulitan ketika akan mengembangkan website tersebut ke arah yang lebih besar, baik itu target pasar maupun pengguna.

Sedikit tips ini semoga bisa membantu, sehingga komunikasi anda sebagai calon pemesan dengan calon pembuat website bisa lebih mudah dan mempersingkat waktu. Hendaknya anda sendiri yang menentukan arah website ini akan dibawa kemana, jangan biarkan calon developer website anda menjadi berjalan sendiri sehingga bisa menimbulkan kesalahpahaman di kemudian hari.

Website Content Planning, sesuatu yang sering dilupakan dalam pembuatan website. Terutama di Indonesia. Seringkali keinginan instan dari pengguna/pemesan website membuat mereka melupakan apa itu Content Planning. Dan tentunya itu juga sering menyulitkan developer yang akan membuatkannya. Bila developer web tersebut tahu content planning untuk pembuatan website itu, tentunya akan lebih mudah dan cepat dalam pengerjaannya sehingga menghemat waktu dan anda bisa dengan secepatnya berlari ke dalam pemasaran produk anda secara nasional bahkan internasional.

Salam Sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *